Para PPK diLingkungan Dinas PU PERKIM Provinsi Sumsel Lulus Uji Kompetensi ahli Muda K3 Konstruksi BNSP

Hari jumat tanggal 16 Oktober 2020 sebanyak 14 orang PPK dilingkungan Dinas PU PERKIM PU SUMSEL direkomendasikan kompeten pada jabatan kerja Ahli Muda K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Konstruksi oleh asesor kompetensi BNSP dari LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) K3 Konstruksi Melalui TUK (Tempat Uji Kompetensi) SRIWIJAYA yang ada di Palembang.

Para peserta sebelumnya sudah mengikuti pelatihan ahli muda K3 Konstruksi sesuai dengan standar SKKNI untuk jabatan kerja ahli Muda K3 Konstruksi ditambah dengan Bimtek SMKK (Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi) sehingga para peserta nanti bisa mengimplementasikannya ke dalam proyek-proyek infrastruktur baik konsultasi maupun pelaksanaan konstruksi (Kontraktor) menggunakan anggaran APBD Provinsi yang dikelola oleh PPK tersebut, terang Pak Irfa Kodri, ST., MT., CSE. selaku asesor Kompetensi hari ini.

Diwaktu terpisah sebelumnya, Kepala Balai Jasa Konstruksi wilayah 2 Kementerian PUPR, Bapak Nanan Abidin, S.Kom., MM.Si., CSE. memberikan sambutan pada acara pembukaan pelatihan dan sertikasi ini mengatakan “kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala PIP2B dan Jakon Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel yang sudah mengadakan kegiatan ini karena keselamatan konstruksi ini menjadi faktor penting dan wajib dalam persyaratan lelang maupun didalam pelaksanaannya harus betul- betul diterapkan Keselamatan Konstruksi ini, kami sudah berkoordinasi dengan Assosiasi profesi Perkumpulan ahli Keselamatan Konstruksi DPW SUMSEL yang dulu namanya A2K4-Indonesia ini untuk terus membina masyarakat jasa konstruksi di Provinsi Sumsel ini, selain berdasarkan standar SKKNI jabatan ahli muda K3 BNSPnya kami minta supaya diberikan pelatihan juga tentang penyusunan RKK (Rencana Keselamatan Konstruksi) untuk Konsultan, RKK Penawaran Kontrak dan RKK pelaksaan Kontraktornya sehingga bisa menekan angka kecelakaan kerja dan sakit akibat kerja diproyek karena selama ini kalau ada investigasi apabila terjadi kecelakaan dan sakit akibat kerja bidang konstruksi di proyek, yang kami amati dilapangan, sudah ada Personil yang memiliki sertifikat K3 Konstruksi tapi dia tidak bisa bekerja maksimal dibidang itu karena mungkin dia tidak melalui pelatihan atau bagaimana sehingga faktor manusianya masih ada penyebab terjadinya kecelakaan itu.”

Selanjutnya, ketua pelaksana kegiatan Bapak Mansyur, SE, MT. selaku Kepala PIP2B dan jasa konstruksi Dinas Perumahan & Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini dan sudah banyak peserta lain yang mengantri untuk ikut pelatihan dan sertifikasi ahli K3 konstruksi ini melalui kami, sehingga kedepan kami akan mengadakan kembali pelatihan dan sertifikasi ahli muda K3 Konstruksi ini.

Dukungan dari Kepala Dinas PUPERKIM Provinsi Sumsel pun diberikan untuk meningkatkan Pembangunan SDM Kompetensi Konstruksi Khususnya K3 Konstruksi ini dibuktikan dengan dibukanya kegiatan pelatihan dan sertifikais ini oleh sekretaris Dinas Perumahan & Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel Bapak. Ir. Hendrian. MT., Beliau berpesan agar para PPK Bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bisa menerapkannya didunia pekerjaan. Karena sesuai dengan Undang Undang jasa konstruksi nomor 2 tahun 2017, K3 Itu wajib diterapkan di bidang konstruksi ini. Ditambah lagi dengan adanya aturan permen PU nomor 21 tahun 2019 tentang penerapan SMKK dan permen PU Nomor 14 tahun 2020 tentang pengadaan barang dan jasa, penyedia jasa wajib menerapkan keselamatan konstruksi baik dari pengajuan lelang sampai dengan pelaksanaanya.

Hal itu semua diamini oleh Bapak H. Amiruddin, ST., M.Eng.SC., CE., CSE. selaku ketua umum DPW Perkumpulan ahli Keselamatan konstruksi Sumsel yang menyatakan siap mendukung dan memberikan bimbingan pelatihan dan sertifikasi kepada masyarakat jasa konstruksi di Provinsi sumsel pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Karena sejak tahun 2009 sd sekarang kami sudah melatih dan mensertifikasi ribuan masyarakat jasa konstruksi baik ASN Kementrian Pu, Dinas dinas PU kab kota se Sumsel, Dishub, kampus-kampus, Perusahaan BUMN dan swasta lainnya yang sudah diterapkan kompetensi mereka didunia kerja konstruksi sekarang ini, malahan peserta pelatihan dan sertifikasi melalui asosiasi dan lembaga pelatihan kita LPKKP SRIWIJAYA UNIVERSAL ini sampai ke tingkat alumni sekolah atas karena Keselamatan Konstruksi ini sekarang sampai ke alumni SMA/SMK sederajat untuk jabatan petugas keselamatan konstruksinya.

Leave a Reply